Nama : Ambrosius Nurhadi Prasetyo
Kelas : 2KA30
NPM : 10110601
Definisi
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau
industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau
mampu mengendalikan harga output di pasar.
Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna,
yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistis dan oligopoli.
Pasar Monopoli
Pasar
monopoli dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual. Adalah
suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah
seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
Sebagai
penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau
mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi;
semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut,
begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu
keterbatasan dalam penetapan harga.
Ciri-ciri pasar monopoli :
Ø
seorang
penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak
Ø
tidak
terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis
Ø
adanya
hambatan yang besar untuk dapat masuk ke dalam pasar
Ø
produsen
memiliki kekuatan menetukan harga
Kelebihan pasar monopoli :
Ø
Keuntungan
penjual cukup tinggi
Ø
Untuk
produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah
Kelemahan pasar monopoli :
Ø
Terjadi
ekploitasi pembeli
Ø
Pembeli
tidak ada pilihan untuk membeli barang
Ø
Keuntungan
hanya terpusat pada satu perusahaan
Pasar Monopolistis
Adalah
terdapat banyak penjual dalam suatu jenis tertentu, tetapi tiap penjual
mempunyai cirri barang yang berbeda sehingga dengan perbedaan ini penjual dapat
menentukan harga sendiri.
Ciri-ciri pasar monopolistis :
Ø
Terdapat
banyak penjual atau produsen di pasar
Ø
Banyak
yang diperjualbelikan merupakan differentiated product
Ø
Keseimbangan
dalam pasar persaingan monopolstis
Ø
Persaingan
mempromosi penjualan sangat aktif
Pasar Oligopoli
Adalah
pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam
pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang
terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan
tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.
Praktek
oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan
perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga
perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk
menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual
terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku
usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.
Jenis pasar oligoli :
- Pasar oligopoly murni (pure oligopoly)
- Pasar oligopoly dengan pembedaan (differentiated
oligopoly)
Karakteristik pasar ologopli :
1. Kompetisi non harga
2. Hanya terdapat sedikit perusahaan
dalam industry
3. Pengambilan keputusan yang saling
mempengaruhi
4. Produknya homogen atau
terdiferensiasi
Sumber
Buku kantong ekonomi SMA IPS (M.
Zamroni. S.Pd)
thank infonya
BalasHapus??/satriol93.blogspot.com,.,,