Jumat, 23 Maret 2012

PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA


Nama    : Ambrosius Nurhadi Prasetyo
Kelas    : 2KA30
NPM     : 10110601

Definisi

     Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar.
     Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistis dan oligopoli.

Pasar Monopoli
     Pasar monopoli dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual. Adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
     Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga.

Ciri-ciri pasar monopoli :
Ø  seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak
Ø  tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis
Ø  adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk ke dalam pasar
Ø  produsen memiliki kekuatan menetukan harga

Kelebihan pasar monopoli :
Ø  Keuntungan penjual cukup tinggi
Ø  Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah

Kelemahan pasar monopoli :
Ø  Terjadi ekploitasi pembeli
Ø  Pembeli tidak ada pilihan untuk membeli barang
Ø  Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan


Pasar Monopolistis
     Adalah terdapat banyak penjual dalam suatu jenis tertentu, tetapi tiap penjual mempunyai cirri barang yang berbeda sehingga dengan perbedaan ini penjual dapat menentukan harga sendiri.

Ciri-ciri pasar monopolistis :
Ø  Terdapat banyak penjual atau produsen di pasar
Ø  Banyak yang diperjualbelikan merupakan differentiated product
Ø  Keseimbangan dalam pasar persaingan monopolstis
Ø  Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif


Pasar Oligopoli
     Adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
     Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.
     Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.

Jenis pasar oligoli :
- Pasar oligopoly murni (pure oligopoly)
- Pasar oligopoly dengan pembedaan (differentiated oligopoly)

Karakteristik pasar ologopli :
1. Kompetisi non harga
2. Hanya terdapat sedikit perusahaan dalam industry
3. Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi
4. Produknya homogen atau terdiferensiasi

Sumber
Buku kantong ekonomi SMA IPS (M. Zamroni. S.Pd)

1 komentar: