Kamis, 08 Maret 2012

ORANG TERKAYA DI DUNIA 'CARLOS SLIM HELU'


   Siapakah Carlos Slim Helu itu? Carlos Slim Helu adalah orang yang mempengaruhi industri telekomunikasi di Meksiko dan juga hampir di seluruh Amerika Latin. Dan Ia baru di nobatkan oleh Forbes sebagai orang yang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai $69 miliar/ Rp627,84 triliun. Berarti ini adalah untuk kedua kalinya secara berturut-turut Ia menjadi orang yang terkaya di dunia ini. Walaupun harta kekayaan yang Ia miliki turun sekitar $5 miliar daripada tahun lalu karena turunnya harga saham raksasa telekomunikasi America Movil tetapi Carlos Slim tetap menjadi orang terkaya di dunia dan Ia  mengalahkan orang yang paling dermawan di dunia ini yaitu Bill Gates yang berada di urutan kedua.

    Carlos Slim Helu adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil pada tahun 2011. Tujuannya: kerja-kerja filantropis yang akan mengembangkan kemampuan manusia.

Biografi Carlos Slim

     Carlos Slim Helu  lahir di Mexico City, tanggal 28 Januari 1940 , dari pasangan Kristen Maronite Julián Slim Haddad dan Linda Helu. Keduanya menikah pada bulan Agustus 1926 dan merupakan keturunan Lebanon. Ayahnya, yang lahir dengan nama Khalil Slim Haddad, pada masa mudanya melarikan diri ke Meksiko pada tahun 1902 untuk menghindari pemerintahan militer keras dari Kekaisaran Ottoman. Ibunya, Linda Helú, lahir in Parral, Chihuahua, dari orang tua imigran asal Lebanon yang datang ke Meksiko pada akhir abad ke-19. Kedua orang tuanya adalah perintis majalah berbahasa Arab pertama untuk komunitas Lebanon-Meksiko dengan sebuah mesin cetak yang dibawa saat bermigrasi.
     Pada tahun 1911, Julian mendirikan toko bahan pakaian La Estrella del Oriente. Kemudian tahun 1921, ia membeli sejumlah rumahan mewah di distrik komersial pusat kota Mexico City, yang menjadi penyumbang besar kekayaannya.

Kiprah Carlos Slim hingga sekarang

     Carlos Slim merupakan wakil Presiden Komisaris dari Mexican Stock Exchange dan Presiden Komisaris pada perusahaan Mexican Association of Brokerage Houses. Dia juga merupakan Presiden pertama pada perusahaan New York Stock Exchange Administration Council yang bekerja pada tahun 1996-1998.

     Slim juga dikenal sebagai orang dibalik berkembangnya industri keuangan di Meksiko, yang dinamakan Grup Carso, disamping perusahaan lainnya yaitu jaringan usaha ritel CompUSA. Pada umurnya yang ke-28 ia dinobatkan sebagai Pengusaha Terbaik di Meksiko. Selain itu, dia juga mengepalai beberapa perusahaan terkemuka seperti Teléfonos de Mexico, América Móvil, dan Grup Financiero Inbursa.

     Tahun 2000, dia mendirikan Fundación del Centro Histórico de la Ciudad de México A.C (Mexico City Historic Downtown Foundation) yang memiliki tujuan merevitalisasi dan menyelamatkan pusat kota Meksiko yang memiliki nilai sejarah tinggi sehingga sekaligus memungkinkan orang-orang memiliki kesempatan hidup yang lebih baik serta akses hiburan yang lebih memadai di area bersejarah ini.

     Slim juga mendirikan proyek Latin America Development Fund. Proyek ini sendiri memiliki dana hingga mencapai 10 Milyar Dollar untuk tahun depan.

"Carlos Slim merupakan filantropis (orang-orang yang gemar beramal) terpenting dunia yang tidak pernah dikenal orang kebanyakan.”

Slim kini menghabiskan hari-harinya bekerja di Yayasan Carlos Slim dan Yayasan Telmex.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar