Jumat, 23 Maret 2012

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA


Nama    : Ambrosius Nurhadi Prasetyo
Kelas    : 2KA30
NPM     : 10110601

Dari segi pembeli dan penjual, maka pasar dibedakan menjadi 2, yaitu:

1.      Pasar Persaingan Sempurna
2.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna
     adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
·         Barang yang dijual bersifat homogeny
·         Jumlah penjual dan pembeli banyak
·         Terdapat kebebasan keluar masuk pasar, baik rugi pembeli maupun penjual
·         Ada mobilitas barang sehungga pembeli dapat memperoleh barang dalam jumlah berapapun
·         Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar


Kebaikan pasar persaingan sempurna

Memaksimalkan Efisiensi
     Efisiensi yang dimaksud mencakup 2 aspek, yaitu efisiensi produktif dan efisiensi alokatif. Perusahaan dalam pasar persaingan sempurna akan mendapatkan untung jika biaya produksi dalam biaya paling minim.

Kebebasan bertindak dan memilih
     Pasar persaingan sempurna dapat menghindari wujud konsentrasi kekuasaan pada bagian golongan kecil di masyarakat. Umumnya, dalam pasar persaingan sempurna tidak seorang pun mempunyai kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi, dan jenis barang yang dproduksikan.

Keburukan pasar persaingan sempurna
·         Pasar persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
·         Pasar persaingan sempurna menimbulkan biaya social
·         Pasar persaingan sempurna membatasi pilihan konsumen
·         Biaya dalam pasar persaingan sempurna cenderung lebih tinggi
·         Distribusi pendapatan tidak merata

Sumber
Buku kantong ekonomi SMA IPS (M. Zamroni. S.Pd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar