Senin, 26 Maret 2012

KOTA TERKECIL DI DUNIA


Tahukah anda kota terkecil di dunia?? Baik dilihat dari luas dan penduduknya..

Ya, ini dia kota terkecil didunia dan memegang rekor dalam Guinness World Record sebagai kota terkecil di dunia yaitu Kota HUM (Kroasia)

HUM atau dalam bahasa Jerman Cholm, adalah sebuah kota yang terletak di bagian tengah Istria, Kroasia. Kota ini terketak pada ketinggian 349 m. Penduduk yang mendiami kota HUM hanya 23 orang.

Sejarah Kota Hum

Pada sisi barat kota ini tertutup oleh dinding dan di sisi sisa rumah-rumah yang dibangun ke dalam tembok pertahanan. Ini pertama kali disebutkan dalam dokumen yang berasal dari 1102, dimana pada saat itu disebut Cholm yang berasal dari Colmo nama Italia. Sebuah menara lonceng dan arloji dibangun pada tahun 1552 sebagai bagian dari pertahanan kota sebelah loggia kota. Kehadiran Gereja Paroki St Jerome (Sveti Jeromim) dengan fasad klasik ini dibangun pada tahun 1802 di sisi sebuah gereja sebelumnya yang dibangun oleh Juraj guru lokal Gržinič.
The "Hum tulisan dinding Glagolitic" yang diawetkan di dalam gereja, yang ditulis pada periode formatif Glagolitic (paruh kedua abad ke-12) dan mereka adalah salah satu contoh tertua dari budaya Kroasia sastra Glagolitic pada Abad Pertengahan. Kota museum menampilkan beberapa Glagolitic tulisan.










Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar