Jumat, 06 April 2012

SEJARAH MENARA EIFFEL


Hmm,, Menara Eiffel ?? Pasti tidak asing lagi ditelinga kita kan ??
Semua orang pasti tahu dengan Menara Eiffel. Menara Eiffel dalam bahasa Perancis yaitu Tour Eiffel. Menara ini terletak di kota Paris, Perancis. Menara Eiffel adalah simbol atau ikon dari Negara Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Tapi tahukah anda sejarah dan peristiwa-peristiwa dari Menara Eiffel??

Di sini akan dijelaskan sejarah dan peristiwa-peristiwa dari Menara Eiffel.

Sejarah Menara Eiffel

Pembangunan Bulan Juli 1888

Pembangunan tingkat pertama
   Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah itu akhirnya Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara Eiffel diresmikan pada tanggal 31 Maret 1989 dan dibuka tanggal 6 Mei 1989. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar.
   Ternyata menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.

Peristiwa Menara Eiffel

Petir menyambar Menara Eiffel, 3 juni 1902
  • Tahun 1902, menara ini tersambar petir. Puncak setinggi 100 m (330 kaki) harus dibangun kembali dan lampu yang menerangi menara segera diganti.
  • Tanggal 4 Februari 1912, penjahit Austria Franz Reichelt tewas setelah melompat 60 meter dari dek pertama menara Eiffel dengan parasut buatannya.
  • Tahun 1925, pelukis Victor Lustig "menjual" menara ini sebagai besi tua.
  • Sejak 1925 hingga 1934, papan iklan untuk Citroën memenuhi tiga dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi di dunia pada waktu itu.
  • Tanggal 3 Januari 1956, kebakaran menghanguskan puncak menara.
  • Pada Perayaan Tahun Baru 2000, Menara Eiffel menyelenggarakan Perayaan Milenium Paris. Kembang api ditembakkan dari keseluruhan panjang menara dalam penampilan spektakuler.
  • Tahun 2000, lampu kedip dan empat lampu suar berkekuatan tinggi dipasang di menara. Sejak itu pertunjukkan lampu telah menjadi acara harian setiap malam. Lampu suar di atas menara menjadikannya menara suar dalam langit malam Paris.
  • Sejak 2004, Menara Eiffel telah membuat lapangan ski es di tingkat pertama selama musim dingin.

Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar