Rabu, 20 Oktober 2010

ISD BAB 4

Nama        : Ambrosius Nurhadi Prasetyo
N P M        : 10110601
Kelas         : 1KA26

BAB 4

Potensi-potensi Generasi Pemuda

Potensi-potensi yang terdapat pada generasi pemuda perlu dikembangkan adalah :
a. Idealisme dan daya kritis
b. Dinamika dan kreatifitas
c. Keberanian mengambil resiko
d. Optimis dan kegairahan semangat
e. Sikap kemandirian dan disiplin murni
f. Terdidik
g. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
h. Patriotisme dan nasionalisme
i. Sikap kesatria
j. Kemampuan penguasaanilmu da teknologi

*Sumber: Buku Cetak ISD MKDU, Gunadarma

Tujuan Sosialisasi 

Sosialisasi mempunyai tujuan sebagai berikut : 
a. Memberikan keterampilan kepada seseorang untuk dapat hidup bermasyarakat
b. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif 
c. Membantu mengendalikan fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-
    latihan mawas diri yang tepat. 
d. Membiasakan diri berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada di
    masyarakat.



Study Kasus :

SOSIALISASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA

 

Dalam rangka menyambut HUT ke - 48 Batalyon Kavaleri 7 Panser Khusus bekerjasama dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN), Ormas Gerakan Mencegah Daripada Mengobati (GMDM), Team Solusi Tanpa Batas dan HMT Community melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi SMP dan SMA sekitar wilayah Cijantung dan Depok, Mahasiswa, Organisasi kepemudaan dan Satuan Pamong Praja Pemkot Jakarta Timur serta para Prajurit dari beberapa satuan di sekitar Cijantung dengan jumlah peserta kurang lebih 400 orang. Latar belakang diadakannya kegiatan penyuluhan ini didasari oleh semakin maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda. Bahkan saat ini sudah merambah ketingkat pelajar SMP. Hal ini bila dibiarkan berlarut tentunya akan berdampak sangat negatif terhadap generasi muda bangsa Indonesia yang dapat dipastikan akan kehilangan masa depannya akibat dari penggunaan narkoba. Mencermati kondisi tersebut, maka Danyonkav 7/Sersus Letnan Kolonel Kav Agustinus Purboyo, SIP dengan memanfaatkan momentum kegiatan HUT satuan memandang perlu adanya penyuluhan tentang bahaya Narkoba kepada generasi muda di sekitar satuan, mengingat pengetahuan tentang bahaya Narkoba bila secara dini telah diketahui dan dipahami dengan baik oleh seluruh komponen masyarakat. Dan akan secara otomatis dapat mengeliminir terjadinya penyalahgunaan Narkoba pada generasi muda. Salah satu upaya yang sangat sederhana untuk mencegah peredaran Narkoba semakin meluas adalah dengan adanya kepedulian masyarakat terhadap perkembangan lingkungan sekitarnya.


Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba yang diikuti oleh berbagai komponen masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman tentang bahaya Narkoba serta mengajak generasi muda sebagai calon penerus bangsa untuk menghindari penyalahgunaan Narkoba, dengan harapan generasi muda Indonesia ke depan benar - benar menjadi generasi bangsa yang cemerlang guna mewujudkan negara Indonesia yang maju, aman dan sejahtera.

*sumber: http://yonkav7.mil.id/v8/index.php?option=com_content&view=article&id=139:sosialisasi-
                  penyalahgunaan-narkoba&catid=45:beranda

Opini: Menurut saya, sosialisasi tersebut sangat penting bagi kalangan remaja kerena lewat sosialisasi ini generasi muda dapat mengetahui dampak negatif dari pemakaian narkoba. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan tentang bahayanya narkoba bagi generasi muda di jaman sekarang. Kita sebagai penerus bangsa seharusnya bisa mengatasi akan bahayanya narkoba dan memberikan harapan bagi generasi pemuda Indonesia akan hidup yang aman, sejahtera, dan  sehat  tanpa narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar