Sabtu, 22 Oktober 2011

Tulisan 1, 2, dan 3

Nama       : Ambrosius Nurhadi Prasetyo
NPM        : 10110601
Kelas        : 2KA30

Tulisan 1

Unsur-Unsur Organisasi.
     Secara sederhana unsur organisasi ada tiga unsur, meliputi orang-orang, kerjasama, dan tujuan bersama. Tetapi tiga unsur tersebut tidak berdiri sendiri-sendiri, akan tetapi saling berhubungan sehingga merupakan suatu kesatuan yang utuh.
     Unsur-unsur organisasi:
1. Man
2. Kerjasama
3.Tujuan bersama
4. Peralatan.
5. Lingkungan (Environment)
6. Kekayaan alam
7. Kerangka atau kontruksi mental organisasi

     Pada tulisan yang pertama ini saya akan menjelaskan secara detail tentang unsur-unsur organisasi yang meliputi ‘Lingkungan (Environment)’.

Lingkungan (Environment)
     Yang termasuk faktor lingkungan ini misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomis, dan teknologis. Termasuk dalam unsur lingkungan, antara lain :
·         Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap gaya gerak dan kehidupan organisasi, karena kondisi/situasi yang akan selalu mengalami perubahan.
·         Tempat atau lokasi, sangat erat hubungannya dengan masalah komunikasi dan transportasi yang harus dilakukan oleh organisasi.
·         Wilayah operasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi.

Untuk wilayah operasi saya akan menjelaskan secara detail di tulisan kedua.


Tulisan 2

     Pada tulisan kedua ini masih ada hubungannya tentang unsur organisasi di bidang linkungan (environment), yaitu saya akan menjelaskan tentang wilayah operasi.
     Wilayah operasi dibedakan menjadi :
·         Wilayah kegiatan, menyangkut jenis kegiatan atau macam kegiatan apa saja yang boleh dilakukan sesuai dengan tujuan organisasi.
·         Wilayah jangkauan atau Wilayah teritorial, menyangkut wilayah atau daerah organisasi.
·         Wilayah personil, menyangkut semua pihak (orang-orang, badan-badan) yang mempunyai hubungan dan kepentingan dengan organisasi.
·         Wilayah kewenangan atau kekuasaan, menyangkut semua urusan persoalan kewajiban tugas dan tanggung jawab dan kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam batas-batas tertentu yang tidak boleh dilampaui sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Tulisan 3

     Pada tulisan ketiga ini masih ada hubungannya dengan unsur-unsur organisasi, yang membedakan dengan tulisan sebelumnya yaitu, tulisan ini mencakup tentang ‘kerangka atau kontruksi mental organisasi.

Kerangka atau Kontruksi Mental Organisasi
     Kontruksi mental organisasi ini merupakan prinsip-prinsip organisasi. Organisasi modern dibangun dan digerakan berdasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut :
·         Pembagian tugas (division of work)
·         Pendelegasian wewenang (delegation of outhority)
·         Disiplin (discipline)
·         Kesatuan perintah (unity of command)
·         Kesatuan arah (unity of direction)
·         Rentangan pengawasan (spon of control)
·         Koordinasi (coordination)
·         Jenjang oerganisasi (hierarchy)
·         Sentralisasi (centralization)
·         Inisiatif (inisiative)
·         Kesatuan jiwa korp (esprit de corp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar