Minggu, 30 September 2012

BAHASA INDONESIA SAAT INI


      Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
     
      Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau (wilayah Kepulauan Riau sekarang) dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan "Bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan.

       Selain itu bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi waga Negara Indonesia. Dalam peranannya bahasa Indonesia dalam penulisan atau dalam konteks ilmiah sangatlah penting. Dikarenakan dalam penulisan ilmiah membutuhkan penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik. Penggunaan tata bahasa Indonesia dalam konteks ilmiah ialah penggunaan tata bahasa yang telah mengikuti aturan EYD yang benar. Dimana dalam segi penggunaan tata bahasa, segi pemilihan kata, dan segi penggunaan tanda baca.



Berikut teks Sumpah Pemuda 28 oktober 1928:

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

      Dengan adanya naskah atau teks Sumpah Pemuda ini Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai identitas nasional. Bahasa Indonesia pun digunakan sebagai alat komunikasi di Indonesia. Kita yang terdiri dari suku, agama, adat istiadat dan budaya yang berbeda dapat disatukan dengan Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu bangsa kita yaitu bangsa Indonesia.

    Sampai sekarang bahasa Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, ini terbukti bahwa bahasa Indonesia sekarang sudah bercampur dengan bahasa-bahasa yang lebih simple atau bisa dibilang bahasa gaul atau juga biasa digunakan untuk sehari-hari. Seperti ‘Lo dan Gue’ mungkin masih banyak lagi yang pernah kita dengar sehari-hari. Bukan dari hanya itu saja bahkan dari segi tulisan sudah banyak berubah dari sebelumnya biasanya tulisan ini digunakan untuk mengetik SMS misalnya yang menjadi’ yg’, dengan menjadi ‘dgn’, adalah menjadi ‘adl’ dan masih banyak lagi.

     Dengan kejadian tersebut rasanya rasa cinta terhadap Bahasa Indonesia semakin lama semakin memudar. Belum lagi diperparah dengan adanya bahasa-bahasa asing yang sudah masuk di Indonesia seperti Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, dan Bahasa-Bahasa asing lainnya. Kita seharusnya tahu bahwa Bahasa Indonesia saat ini sudah mendunia hal ini terbukti dari beberapa negara yang sedang atau sudah mempelajari Bahasa Indonesia dan menurut mereka Bahasa Indonesia adalah bahasa yang tersulit. Seharusnya kita sadar dengan kejadian ini, kita boleh saja mempelajari bahasa-bahasa asing tetapi sebagai warga Negara Indonesia seharusnya menggunakan bahasa kita sendiri Bahasa Indonesia. Dan Bahasa Indonesia tidak boleh hilang karena Bahasa Indonesia adalah ciri khas bangsa kita.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar